Rabu, 06 April 2016

Mouse

mouse, tetikus. piranti yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari ini nampaknya menarik untuk diulas dari sisi lain. saya tak akan membahas sisi teknis dan spesifikasi teknisnya, itu sudah terlalu lumrah. hehe. tulisan ini akan menjadi coretan tentang mouse dari sudut pandang sebagai user.
banyak yang bertanya pada saya, mengapa mesti pakai mouse yang mahal? padahal kan bisa pakai mouse yang harganya 20-50 ribuan saja. kadang saya bingung juga jawabnya bagaimana. mouse yang saya pakai, harganya berkisar antara 150.000 - 225.000, bergantung pada kekuatan dompet saat akan mengeksekusinya. beberapa mouse yang pernah saya pakai, dan rasa yang pernah saya rasakan saya coba tuliskan. harga yang saya tuliskan di bawah ini adalah harga resmi dari logitech, kalau di toko-toko, biasanya lebih murah.
logitech M185
mouseM185

mouse jenis ini, adalah mouse yang paling lama saya gunakan, kalau tidak salah lebih dari 3 tahun. mouse yang bentuknya simple, tidak macam-macam dan memang diperuntukkan bagi laptop. ada beberapa jenis dan varian dari mouse ini. apapun warnanya, bentuknya yang simple dan cocok untuk tangan orang dewasa memang menjadi pilihan yang menarik. dari sisi harga, mouse ini juga ramah di kantong. harga resmi dari logitech berkisar di EUR17.99, sementara kalau beli di toko komputer sekitar 150 ribuan. (http://www.logitech.com/en-roeu/product/wireless-mouse-m185?crid=7)
logitech M187
m187
mouse kecil ini memang paling enak, karena bisa sepenuhnya kita genggam. tapi buat saya yang berjari relatif besar, mouse ini kurang cocok. jari2 saya kadang suka offside, dan melebihi sekeliling area mouse. harganya berkisar di EUR 19.99, di toko komputer saya beli 180 ribuan. saya pakai mouse ini hanya 2 tahunan. buat saya pribadi, kurang ergonomis. (http://www.logitech.com/en-roeu/product/mini-mouse-m187?crid=7)
Logitech M280
logitech-wireless-mouse-m280b
mouse jenis ini, adalah mouse yang saya gunakan kurang lebih 2 tahun terakhir. mouse ini saya rasa paling enak untuk dipakai cukup lama, karena memang desainnya yang khas. saya harus bilang, mouse ini tidak cocok untuk orang kidal, karena ada lekukan khusus disebelah kiri yang memang diciptakan untuk menyangga jempol. nyamaaan sekali dipakainya. tidak cepat pegal dan kaku pada tangan. kelemahan mouse ini terletak pada komposisi bahan karet pada area scroll, karena terlalu lembut, mouse ini cepat sobek/rusak. dari 3 varian warna, saya pakai 2 warna sekaligus, biru dan merah. biru saya pakai di rumah/kantor, sementara yang warna merah saya pakai kalau ada tugas ke klien atau keluar kantor, merah itu nyala, keliatan. jadi potensi ketinggalannya lebih kecil :D. harganya berkisar di EUR 29.99, di toko komputer saya beli 210 ribuan, kemarin sempat beli sekitar 170an. nilai lebih dari mouse ini adalah bentuknya yang relatif menarik, alias tidak biasa, buat saya ergonomis banget. (http://www.logitech.com/en-roeu/product/wireless-mouse-m280)
Dragunov
do58ia
ini mouse khusus, saya pakai kalau main dota2. saya pilih mouse ini karena ... harganya pas di kantong, sekitar USD10. secara kualitas kalau dibandingkan sama mouse gaming keluaran Razr atau Steelseries, yaaaa 11 sama 77 lah. jauh banget bedanya :D. harga mouse ini sekitar 180 ribu sampai 200 ribuan. cukup memuaskan untuk gamer pas-pasan seperti sayah :D (http://www.dragonwar.jp/product-detail.php?id=3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar